Minggu, 01 Juli 2012

Membuat Sabun Sirih


Khasiat daun sirih itu banyak manfaatnya. Sebagai contoh manfaat daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi bau badan dan bau lainnya, mimisan, bisul, luka dan gatal-gatal, mata serta digunakan perempuan untuk mengobati keputihan. Hal ini karena substansi yang dikandung oleh antiseptik sirih yang dapat membunuh kuman. Dibandingkan dengan isi biasa fenol, fenol dalam sifat antiseptik lima kali lebih efektif.
Sifat panas dan pedas yang dimiliki oleh daun sirih sangat dikenal oleh publik. Banyak yang menggunakan daun sirih untuk obat tradisional untuk menghentikan batuk, mengurangi peradangan, menghilangkan gatal dan menumpahkan kentut. Di India, pengobatan tradisional dengan daun sirih dikenal sebagai zat aromatik yang hangat, meningkatkan dorongan seks dan antiseptik.
Kehadiran sifat antiseptik dimiliki oleh sirih digunakan untuk menyembuhkan luka di kaki dan isi obat penahan darah ada untuk membantu menahan pendarahan, untuk menyembuhkan luka pada kulit. Untuk meningkatkan suara si penyanyi dengan cara  dikunyah daun sirih.
Hasil penelitian yang dikutip oleh buku tanaman obat terbitan Kebun Tanaman Obat Karyasari juga diungkapkan bahwa sirih mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman. Manfaat dari zat ini adalah untuk meningkatkan gerakan peristaltik dan merangsang saraf pusat dan daya pikir, serta untuk meringankan snoring. Itu mengandung eugenol yang terkandung dalam daun sehingga daun juga memiliki beberapa manfaat, antara lain, dapat mencegah prematur ejakulasi, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik.
Tannin konten dalam daun ini juga bermanfaat untuk melindungi fungsi hati, mencegah diare, dan mengurangi sekresi cairan pada vagina. Hasil uji klinis menyatakan bahwa daun sirih juga bisa digunakan untuk obat keputihan.
Dapat dilakukan dengan cara sesuai dengan penyakit
Pengobatan batuk dapat dilakukan dengan mengambil 15 lembar daun sirih direbus dengan 3 gelas air hingga tiga perempat sisa dan kemudian minum dengan madu. Untuk pengobatan bronkhitis bisa dilakukan dengan mengambil tujuh daun sirih dicampur dengan satu bagian dari gula batu lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan 3x 1/3 cangkir. Menghilangkan bau badan, ambil 2 gelas air dan kemudian tambahkan 5 daun sirih lalu direbus sampai ke dalam gelas, minum siang hari.
Jika Anda terkena luka bakar, daun segar diperas dan kemudian mengambil air, tambahkan sedikit madu, lalu oleskan di tempat yang terbakar. Mimisan menggunakan daun muda lembaran dan kemudian hancur, digulung dengan tujuan menghilangkan minyak ini kemudian digunakan untuk menyumbat hidung berdarah.
Jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut, gunakan 2-4 lembar daun sirih dan diseduh, lalu ditumbuk dan digunakan untuk berkumur. Adapun jerawat, tumbuk sampai halus tujuh sampai sepuluh daun sirih dan kemudian tuangkan dalam dua cangkir air panas dan air yang digunakan untuk cuci muka pada bagian dari jerawat. Yang baik dilakukan dua sampai tiga kali sehari.
Untuk keputihan, menggunakan 2,5 liter air untuk merebus daun sirih 7-10. Setelah air menjadi hangat, kemudian gunakan untuk mencuci alat kelamin dan kemaluan yang bersih berulang kali. Lebih praktis lagi, Anda dapat menggunakan pembersih atau sabun yang terbuat dari sabun sirih, yang sekarang sangat pupuler di pasaran yang disebut sabun sirih. Ada begitu banyak manfaat daun sirih, begitu banyak orang yang membudidayakan tanaman ini. Bagaimana dengan anda? Tertarik untuk bisa membuat sabun pembersih wanita dengan bahan dasar daun sirih. Cara pembuatan yang mudah, anda bisa belajar membuatnya dengan kami. Manfaat daun sirih begitu banyak, jika anda mengalami keputihan bisa anda membuat sabun sirih sendiri. Mau tahu cara pembuatan sabun sirih? Klik disini http://www.mataharicourse.com/materi-kursus/membuat-kosmetik-dan-spa
Di kutip dari http://www.bukisa.com/articles/687279_benefits-of-betel-leaves

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar